McDonald's Luncurkan Koleksi MacCoin Edisi Terbatas Untuk Rayakan Ulang Tahun Big Mac Ke-50.

30 Juli 2018

McDonald's Luncurkan Koleksi MacCoin Edisi Terbatas  Untuk Rayakan Ulang Tahun BigMac Ke-50. 

MacCoin adalah Mata Uang Global Pertama untuk Makanan dari McDonald’s 

Jakarta, 30 Juli 2018 - Untuk merayakan ulang tahun Big Mac ke-50, McDonald's hari ini mengumumkan akan meluncurkan MacCoin, mata uang global pertama edisi terbatas mulai 2 Agustus 2018 di seluruh dunia. Pelanggan dapat berbagi, mengumpulkan, dan menukarkan MacCoin untuk mendapatkan Big Mac gratis di restoran McDonald's di lebih dari 50 negara yang berpartisipasi. Penggemar Big Mac dari seluruh dunia bisa mendapatkan MacCoin melalui berbagai program menarik yang dihadirkan masing-masing negara.

Rasa legendaris Big Mac telah mendapatkan pengakuan universal sebagai warisan abadi hingga 50 tahun perjalanannya kini. Di manapun mereka berada, para penggemar Big Mac mengenali dua potong daging sapi, saus spesial, selada, keju, acar timun dan bawang dalam roti berwijen sebagai burger ikonik dengan kombinasi rasa yang lezat dan selalu didambakan, sama seperti pertama kali diciptakan. Big Mac telah menjadi ikon global, bahkan The Economist menciptakan Indeks Big Mac sebagai alat ekonomi untuk membandingkan daya beli berbagai mata uang internasional dari tahun ke tahun. Konektivitas global dari Big Mac inilah yang juga menginspirasi kemunculan MacCoin.

“Semenjak diperkenalkan di sebuah restoran McDonald’s yang dimiliki oleh sebuah keluarga 50 tahun yang lalu, Big Mac telah menjelajahi dunia dan dinikmati di berbagai kota mulai dari Jakarta hingga Chicago, menyajikan momen-momen yang lezat dan menyenangkan bagi orang-orang di seluruh dunia, ” ujar Presiden dan CEO McDonald’s Corporation, Steve Easterbrook. “Jadi kami ingin perayaan global yang unik seunik burger itu sendiri. MacCoin melampaui mata uang untuk memperingati burger ikon global kami sambil memberi pelanggan di seluruh dunia kesempatan untuk menikmati Big Mac di restoran kami. ”

Lebih dari 6,2 juta MacCoin akan didistribusikan secara global di lebih dari 50 negara selama persediaan masih ada. MacCoin peringatan ini akan hadir dengan 5 desain unik, masing-masing desain mewakili satu dekade Big Mac. Setiap desain MacCoin mengambil unsur-unsur dari sejarah perkembangan seni, musik dan budaya pop yang mewakili masing-masing dekade, sementara sisi depan dari MacCoin menampilkan gambar yang menunjukkan perayaan ulang tahun Big Mac yang ke-50.

Desain yang berfokus pada nuansa tahun 70-an menampilkan flower power yang menjadi tren pada era tahun 70-an, dan desain tahun 80-an mengacu pada perkembangan pop art. Bentuk yang abstrak dan berani mendefinisikan era 90-an dan awal tahun 2000-an secara khusus berfokus pada masa perkembangan teknologi yang berada di garis depan pada pergantian abad. Era 2010an merayakan perkembangan Big Mac dalam 10 tahun terakhir dan memberi perhatian khusus pada evolusi komunikasi. Selain itu, tujuh bahasa yang ditampilkan dalam berbagai desain MacCoin mewakili banyak negara yang berpartisipasi dalam perayaan ulang tahun Big Mac ke-50, yakni bahasa Arab, Inggris, Indonesia, Mandarin, Portugis, Prancis dan Spanyol. 

"Ketika kakek buyut saya, Jim Delligatti menghadirkan Big Mac di Uniontown, Pennsylvania, satu hal yang dia inginkan adalah untuk membuat pelanggan lokal merasa senang," ujar Nick Delligatti, pemilik dan operator restoran McDonald's generasi keempat, yang juga adalah cucu dari Jim Delligatti, pembuat Big Mac.

"Pada 2 Agustus mendatang akan menjadi ulang tahun ke-100 kakek buyut saya, dan saya percaya dia akan sangat bangga mengetahui sandwich sederhana buatannya telah membuat kesan yang abadi dan orang-orang di seluruh dunia dapat menikmatinya di mana pun mereka menemukan McDonald's," tambah Nick. 

Di Indonesia, keseruan perayaan 50 tahun Big Mac dan program MacCoin ini telah dimulai sejak tanggal 31 Juli, dimana Armored Truck (truk lapis baja) akan roadshow ke beberapa restoran McDonald’s untuk mendistribusikan kantung uang berisi MacCoin. Kantung uang tersebut akan disimpan di dalam brankas dengan keamanan khusus. Indonesia akan menerima sebanyak 65,800 keping MacCoin yang akan disebar di semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia. 

Pelanggan yang melihat Armored Truck bisa ikut dalam foto kontes dengan cara melakukan swafoto dengan latar belakang Armored Truck, dan mempostingnya di Instagram dengan mention @McDonaldsID dan hashtag #BigMac50 #BigMac50Tahun #MacCoin. Lima pemenang dengan foto dan caption menarik akan memenangkan album ekslusif 1 full set MacCoin.

Pada saat MacCoin diluncurkan resmi tanggal 2 Agustus nanti, masyarakat dan media dapat menyaksikan pembukaan brankas dan mempersembahkan MacCoin kepada pelanggan secara simbolis yang akan dilakukan oleh Managing Director McDonald’s Indonesia, Kitson Choong di McDonald’s Sarinah, Jakarta. Peristiwa ini menandakan bahwa MacCoin sudah bisa didapatkan di restoran McDonald’s di seluruh Indonesia.   

Konsumen bisa mendapatkan MacCoin dengan membeli Paket Hemat Big Mac Large, mulai pukul 11.00 hingga 05.00 waktu setempat dari tanggal 2 hingga 7 Agustus 2018, selama persediaan masih ada. MacCoin dapat ditukarkan dengan 1 Big Mac a la carte gratis mulai 8 Agustus hingga akhir tahun 2018 di seluruh McDonald’s di semua negara yang berpartisipasi. Untuk 50 penukar MacCoin pertama di setiap restoran di Indonesia, McDonald’s akan memberikan tak hanya Big Mac, tapi juga berikut kentang dan minuman. MacCoin hanya diberikan untuk pembelian di restoran dan Drive-Thru, konsumen yang membeli lewat McDelivery melalui telepon 14045, website, aplikasi mobile atau layanan pesan antar online tidak akan mendapatkan MacCoin.  

“Perayaan 50 tahun Big Mac ini merupakan hal penting bagi sejarah McDonald’s. Harapan kami adalah merayakan ikon global McDonald’s ini dengan mengajak konsumen untuk ikut berpartisipasi dan bergembira bersama kami,” ujar Michael Hartono, Direktur Pemasaran dan Komunikasi McDonald’s Indonesia. 

Catatan untuk editor 

*MacCoin tidak memiliki nilai tukar seperti uang dan hanya dapat ditukarkan untuk satu Big Mac gratis di restoran McDonald's yang berpartisipasi dalam perayaan 50 tahun Big Mac selama periode 2018.

- oOo -

Tentang McDonald's

McDonald’s adalah perusahaan penyedia makanan siap saji terkemuka di dunia dengan lebih dari 34.500 lokasi yang melayani lebih dari 69 juta pelanggan di lebih dari 100 negara setiap hari. Lebih dari 80% dari restoran McDonald’s di seluruh dunia dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang lokal yang independen. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan, silakan kunjungi: www.aboutMcDonald’s.com dan mengikuti kami di Facebook (http://www.facebook.com/McDonald’scorp dan Twitter (http://twitter.com/McDonald’sCorp)

Tentang McDonald’s Indonesia

Lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Pada tahun 2009, PT Rekso Nasional Food menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. RNF adalah McDonald’s Indonesia. Di bawah manajemen RNF, McDonald’s Indonesia akan mewujudkan komitmennya untuk melakukan pengembangan restoran ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jumlah restoran hingga saat ini sebanyak 185 yang tersebar di seluruh Indonesia, RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. Informasi tentang McDonald’s Indonesia silakan kunjungi: www.McDonald’s.co.id atau like Facebook McDonald’s Indonesia dan follow Twitter @McDonald’s_ID

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

press@id.mcd.com


Press Release Lainnya

Yellow Element Pesan Sekarang