Jakarta, 10 Februari 2016 – McDonald’s Indonesia merayakan 25 tahun kehadirannya di Indonesia pada tanggal 14 Februari 2016 mendatang. Restoran McDonald’s Indonesia pertama dibuka di Sarinah pada tahun 1991 dan hingga kini telah mengalami perkembangan yang signifikan. McDonald’s pun menjadi salah satu restoran cepat saji yang sangat digemari masyarakat di Indonesia.
"McDonald's telah melayani masyarakat Indonesia selama 25 tahun dan menjadi brand yang dicintai oleh konsumen di Indonesia. Rasa cinta konsumen ini adalah salah satu faktor yang membuat McDonald's Indonesia berkembang seperti sekarang," ujar Michael Hartono, Marketing & Communications Director McDonald’s Indonesia.
Karena itu, dalam perayaan ulang tahun ke-25 ini, McDonald’s Indonesia memfokuskan diri pada program-program yang memberi apresiasi kepada konsumen, sebagai tanda terima kasih kepada konsumen yang telah setia bersama McDonald’s. Selain itu, McDonald’s juga ingin mengajak konsumen untuk mengingat kembali momen-momen bersejarah bersama McDonald’s.
Program 25 Tahun McDonald’s Indonesia ini dimulai dengan membawa kembali jingle Iklan “Mana Lagi” yang sempat sangat terkenal di era tahun 90an. Jingle yang fenomenal itu diaransemen ulang dan dinyanyikan oleh Maliq & D’Essentials dan telah mulai diputar di berbagai stasiun radio serta di semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia pada tanggal 9 Februari 2016.
Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada konsumen, pada tanggal 14 Februari 2016 McDonald’s akan “menraktir” konsumen yang beruntung. Secara acak, manajemen dan kru restoran memilih 25 konsumen beruntung yang sedang memesan produk di counter untuk diberi tantangan. Tantangannya adalah menyanyikan jingle iklan “Mana Lagi”. Konsumen yang bersedia melakukan tantangan akan diberikan gratis menu McDonald’s yang sudah dipesannya. Program ini berlaku di semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia, dan hanya berlangsung selama 3 jam, yaitu dari pukul 14.00 -17.00 (2 – 5 sore) waktu setempat, hanya untuk konsumen yang makan di tempat (dine-in).
Sebagai puncak dari rangkaian acara 25 Tahun McDonald’s Indonesia di bulan Februari, akan diadakan parade dengan tema Bring Back Lovin’ Memoriespada tgl 28 Februari 2016 di acara Car Free Day. Acara ini akan dipusatkan di Sarinah Thamrin. Acara ini juga bermaksud mengajak konsumen mengenang kembali 25 tahun bersama McDonald’s Indonesia. Parade akan mengambil rute Sarinah – Bundaran HI – Sarinah dan akan diramaikan oleh marching band, street act dancer, sepeda hias, Ronald & friends, serta komunitas CFD seperti low rider bike, BMX free style, skateboard, dan sepeda ontel. Selain pawai, juga akan diadakan acara di pelataran parkir Sarinah yang puncaknya akan diramaikan dengan 1 jam penampilan dari Maliq & D’Essentials. Selain parade, juga akan ada booth Lovin’ Time Tunnel yang mengajak konsumen untuk kilas balik kenangan di McDonald’s. Di dalam booth tersebut akan ada galeri foto-foto perjalanan McDonald’s selama 25 tahun dan wahana yang menarik.
Tak hanya itu, sebagai apresiasi kepada konsumen yang telah setia bersama McDonald’s Indonesia selama 25 tahun ini, McDonald’s mengadakan undian berhadiah dengan beragam hadiah istimewa. Total hadiah yang disediakan adalah: 4 Honda HR-V (diundi per enam bulan), 10 Honda Beat (diundi per enam bulan), 8 Samsung Galaxy Note 5 (diundi per tiga bulan), 20 Samsung Galaxy A8 (diundi per tiga bulan), 100 Samsung Galaxy Grand Prime (diundi per tiga bulan), 1000 merchandise ekslusif McDonald’s (diundi per tiga bulan) dan 1000 gift voucher McDonald’s senilai @ Rp 200.000,- (diundi per tiga bulan). Konsumen cukup melakukan transaksi sebesar Rp 25.000,- di restoran McDonald’s dan sudah berhak mengikuti undian ini. Selanjutnya, konsumen dapat mengisi kupon dan memasukkan struk transaksi ke dalam kotak yang telah disediakan di semua store.
Undian berlangsung mulai tanggal 16 Januari hingga 31 Desember 2016, dan pengundian hadiah akan dilakukan 4 kali (per 3 bulan sekali). Promo ini berlaku untuk dine in, take away, drive-thru serta MDS, dan tidak berlaku kelipatan (satu kupon undian berlaku untuk satu kali transaksi).
Untuk merayakan 25 tahun McDonald’s Indonesia ini, sebuah microsite dibuat khusus dan dapat diakses mulai Januari hingga Desember 2016. Sepanjang tahun 2016, pengunjung microsite dapat mengunggah foto/video/cerita tentang kenangan yang dialaminya bersama McDonald’s di www.25tahun.mcdonalds.co.id.
Masih dalam rangka memberikan apresiasi kepada konsumen dan mengajak konsumen mengenang kembali momen-momen berharga bersama McDonald’s, McDonald’s mengadakan kompetisi Berbagi Cerita #25tahunMcD. Kompetisi ini mengajak konsumen untuk berpartisipasi dan berbagi cerita kenangan yang dialaminya di McDonald’s dengan cara mengunggah cerita atau foto ke microsite www.25tahun.mcdonalds.co.id. Cerita tersebut tentu saja harus menceritakan momen kenangan konsumen di restoran McDonald’s demikian pula foto yang diunggah juga harus berlokasi di restoran McDonald’s. Sebanyak 26 orang peserta kompetisi akan dipilih sebagai pemenang, dengan satu cerita yang paling menarik akan menjadi inspirasi klip video McDonald’s dan 5 cerita menarik lainnya akan menjadi inspirasi jingle McDonald’s yang akan dibuat dan dinyanyikan oleh Maliq & D’Essentials, sementara 20 pemenang hiburan akan mendapatkan gift voucher dari McDonald’s Kompetisi berlangsung mulai 1 Januari hingga 30 April 2016 dan pemenang akan diumumkan pada 11 Mei 2016.
“Semua program ini merupakan rasa syukur dan terima kasih McDonald’s terhadap dukungan, kepercayaan dan kesetiaan konsumen terhadap McDonald’s. Sebagai apresiasi terhadap konsumen, McDonald’s juga senantiasa meningkatkan pelayanan dan kualitas, termasuk juga menghadirkan menu-menu baru untuk memenuhi keinginan konsumen dan terus menambah jumlah restoran agar kami semakin dekat dengan konsumen,” ujar Michael lagi.
Saat ini, McDonald’s telah memiliki 168 restoran di 32 kota di seluruh Indonesia, dan masih akan terus mengembangkan layanan dengan membuka gerai-gerai baru di berbagai wilayah di Indonesia. Bagi McDonald’s, pembukaan gerai baru adalah juga bukti komitmen untuk memberikan kontribusi kepada daerah. Dalam setiap pembukaan gerai baru, McDonald’s memiliki komitmen kuat untuk memberikan nilai tambah kepada kota tempat McDonald’s berdiri dan siapa pun yang terlibat di dalamnya. Selain menambah pajak pendapatan yang diberikan kepada daerah setempat, kehadiran gerai baru McDonald’s juga berarti membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat setempat, karena sebagian besar kru yang bekerja di McDonald’s berasal dari putra daerah setempat.
McDonald’s juga terus mempertahankan kualitas produk yang disajikan kepada konsumen, dan senantiasa melakukan inovasi produk dengan menghadirkan menu-menu baru, baik yang bersifat sementara (limited time offer) maupun permanen. Tak hanya itu, sejak beroperasi pada 1991, McDonald’s telah memberikan kontribusi besar terhadap industri makanan di Indonesia. Sebagian besar bahan baku yang dibutuhkan restoran McDonald’s saat ini berasal dari lokal Indonesia dengan standar pengawasan kualitas yang ketat.
---ooOoo---
Tentang McDonald’s Indonesia
Lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Pada tahun 2009, PT Rekso Nasional Food menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. RNF adalah McDonald’s Indonesia. Di bawah manajemen RNF, McDonald’s Indonesia akan mewujudkan komitmennya untuk melakukan pengembangan restoran ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jumlah restoran sebanyak 168 yang tersebar di seluruh Indonesia hingga saat ini, RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. Informasi tentang McDonald’s Indonesia silakan kunjungi: www.mcdonalds.co.id atau like Facebook McDonald’s Indonesia dan follow Twitter @McDonalds_ID