Kerjasama McDonald’s Indonesia dan Blue Bird Dalam Memberikan Pelayanan dan Keuntungan Ekstra bagi Konsumen dan Pengemudi

25 Januari 2018

Kerjasama McDonald’s Indonesia dan Blue Bird Dalam Memberikan Pelayanan dan Keuntungan Ekstra bagi Konsumen dan Pengemudi


Jakarta, 25 Januari 2018 – Mengawali tahun 2018, McDonald’s Indonesia dan Blue Bird mengumumkan beragam program kerjasama yang ditujukan bagi konsumen kedua perusahaan dan pengemudi Blue Bird. Kerjasama tersebut diumumkan melalui konferensi pers bersama dari kedua perusahaan yang diadakan di McDonald’s Kemang pada hari ini yang dihadiri oleh jajaran direktur dan manajemen McDonald’s Indonesia dan Blue Bird.

Kerjasama antara McDonald’s dan Blue Bird merupakan bagian dari wujud komitmen kedua perusahaan untuk senantiasa memberikan pelayanan dan keuntungan ekstra bagi para konsumen serta pengemudi dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Melalui kolaborasi ini, seluruh konsumen dari kedua perusahaan akan mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk potongan harga untuk penggunaan McDelivery online dan My Blue Bird. Lebih lanjut, McDonald’s dan Blue Bird juga memberikan beragam nilai tambah kepada para pengemudi serta keluarganya melalui kerja sama di Program Drive Thru, Program Birthday bersama McDonald’s, Program Awarding Road Star, dan Program National Breakfast Day.

“Kami sangat gembira dengan adanya kerjasama ini. Kami berharap kerjasama ini akan memberi keuntungan dan kemudahan, tidak hanya bagi pengemudi Blue Bird, tapi juga konsumen kami,” ujar Laksmi Zosmiati selaku Direktur Operasional McDonald’s Indonesia. Sementara itu, Blue Bird mengatakan, “Blue Bird terus mengadakan berbagai kerja sama dengan mitra-mitra strategis kami melalui peluncuran program-program yang menarik dan bermanfaat dengan tujuan utama memberikan nilai tambah bagi para pengguna dan pelanggan setia Blue Bird. Selain konsumen setia Blue Bird, kami juga berkomitmen untuk saling berbagi manfaat kepada setiap pengemudi selaku bagian internal yang memiliki peran krusial bagi perusahaan,”

“Maka dari itu, melalui program-program yang baru saja kami luncurkan bersama McDonald’s, kami berharap dapat memberikan tidak hanya kemudahan dan kenyamanan saja, namun juga alternatif serta pilihan tambahan bagi para pelanggan setia Blue Bird yang memerlukan efeisiensi waktu di tengah kesibukan sehari-harinya. Dalam waktu yang bersamaan, kami juga ingin menyampaikan apresiasi kepada McDonald’s atas kolaborasinya dimana selain memberikan nilai tambah bagi konsumen setia kedua belah pihak, kami juga dapat memberikan manfaat tambahan kepada para pengemudi Blue Bird dan keluarganya.” tutup Andre.

Bentuk kerjasama yang dilakukan diantaranya melalui kerjasama antara McDelivery online (web dan mobile apps) dengan aplikasi Blue Bird yaitu My Blue Bird. Kolaborasi berbasis aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan mobile apps bagi masing-masing perusahaan yang tentunya menawarkan berbagai keuntungan dalam segi kemudahan dan efesiensi ketika konsumen melakukan pemesanan.


Ketentuan dari kerjasama McDelivery online dan My Blue Bird adalah :

  • Pelanggan McDonald’s yang melakukan transaksi lewat McDelivery online (web dan mobile apps) dengan tarif minimal sebesar Rp100,000,- (sudah termasuk pajak, belum termasuk biaya antar) akan mendapat e-code senilai Rp.10,000 yang dapat digunakan pada saat pelanggan memesan Blue Bird melalui aplikasi My Blue Bird dengan minimum tarif Rp 50,000,-)
  • Pelanggan Blue Bird yang melakukan pemesanan melalui aplikasi My Blue Bird dengan tarif minimal sebesar Rp100,000,- akan mendapat e-code melalui email yang dapat ditukarkan dengan 1 apple pie apabila melakukan pemesanan minimal Rp 75.000 (sudah termasuk pajak, belum termasuk biaya antar) melalui McDelivery online.

Kerjasama selanjutnya meliputi program khusus bagi para pengemudi Blue Bird yang membawa penumpangnya untuk berbelanja melalui layanan Drive Thru di restoran McDonald’s dengan nilai pembelian minimum Rp 60.000,- (enam puluh ribu Rupiah) sebelum pajak, berhak mendapatkan cap di kartu Drive Thru yang dimiliki oleh seluruh pengemudi Blue Bird. Pengemudi berhak menukarkan cap yang dimilikinya dengan produk restoran McDonald’s sesuai dengan ketentuan, 3 cap dapat ditukar dengan Apple Pie dan 6 cap dapat ditukar dengan Paket Nasi 1 (nasi, ayam dan minum).

Selain itu, McDonald’s juga memberikan dukungan kepada salah satu program Blue Bird yaitu Road Star, sebuah program apresiasi yang rutin diadakan oleh Blue Bird kepada para pengemudi yang memberikan pelayanan extra miles, hingga mendapatkan feedback positif dari pelanggan. 

Dalam kerjasama yang dinamakan Program Birthday Bersama McDonald’s ini, setiap bulan McDonald’s memberikan paket perayaan ulang tahun kepada anak dari lima pengemudi Blue Bird terpilih dari seluruh Indonesia. Program Birthday Bersama McDonald’s akan berlangsung dalam jangka periode 1 (satu) tahun hingga Januari 2019.

Bentuk kerja sama lainnya meliputi potongan harga sebesar 10% dari McDonald’s untuk penyelenggaraan ulang tahun keluarga pengemudi di restoran McDonald’s dengan hanya menunjukan ID Card yang masih berlaku serta bukti copy kartu keluarga. Selanjutnya, sebagai bagian dari program Good Neighborhood, McDonald’s juga berkomitmen untuk memberikan secara gratis 1000 buah produk McMuffin yang akan dibagikan kepada 10 (sepuluh) pool Blue Bird di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut kegiatan tahunan National Breakfast Day tahun 2018.

“Kami mengharapkan berbagai kerja sama yang dilakukan oleh McDonald’s dan Blue Bird ini akan terus berlanjut, mengingat kerjasama yang dilakukan pun bersifat positif dan juga menjadi wujud dari komitmen kami kepada lingkungan sosial yang salah satunya juga mencakup para pengemudi Blue Bird. Melalui program ini kami ingin memberikan kebahagiaan tidak hanya kepada para pengemudi Blue Bird, tapi juga keluarga mereka,” Laksmi menambahkan.


Tentang McDonald’s Indonesia

Lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Pada tahun 2009, PT  Rekso Nasional Food menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. RNF adalah McDonald’s Indonesia. Di bawah manajemen RNF, McDonald’s Indonesia akan mewujudkan komitmennya untuk melakukan pengembangan restoran ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jumlah restoran sebanyak  180 yang tersebar di seluruh Indonesia hingga saat ini, RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. Informasi tentang McDonald’s Indonesia silakan kunjungi: www.mcdonalds.co.id atau like Facebook McDonald’s Indonesia dan follow Twitter @McDonalds_ID

Tentang BlueBird

Berdiri sejak 2001, PT Blue Bird Tbk. (“BIRD”) adalah perusahaan terbuka di bidang transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat yang memiliki 15 anak perusahaan dan tersebar di 18 lokasi di Indonesia (Jadetabek, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Batam, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta). Blue Bird berkomitmen untuk memberikan pelayanan transportasi darat yang aman, andal dan nyaman dengan kemudahan akses bagi para pelanggan. Jaringan distribusi perusahaan yang ekstensif mencakup lebih dari 600 titik eksklusif di hotel, mal, pusat perbelanjaan, dan lokasi lainnya. Integrasi bisnis Blue Bird terdiri dari empat pilar utama meliputi layanan taksi reguler (di bawah merek “Blue Bird” dan “Pusaka”); layanan taksi eksekutif (di bawah merek “Silver Bird”); layanan kendaraan limusin dan sewa mobil (di bawah merek “Golden Bird”); layanan sewa bus (di bawah merek “Big Bird”). Blue Bird telah terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia sejak 5 November 2014. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website kami www.bluebirdgroup.com.


Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Email : press@id.mcd.com


Amalia Yaksa Parijata

Head of Corporate Communication

PT Blue Bird Tbk

Tel : 62 817 852 408

Email : Amalia.yaksa@bluebirdgroup.com

Press Release Lainnya

Yellow Element Pesan Sekarang