Happy Meal Readers dari McDonald’s

10 April 2019

Happy Meal Readers dari McDonald’s

Tingkatkan Kreativitas Anak dan Pererat Hubungan Anak dan Orang Tua


Setiap bulan, jutaan keluarga mengunjungi restoran McDonald’s di Indonesia tidak hanya untuk makan tapi juga untuk bersantai, mempererat ikatan keluarga, serta berbagi momen kebersamaan yang menyenangkan. Dirancang dengan mempertimbangkan kedekatan dalam keluarga, McDonald’s Indonesia meluncurkan program Happy Meal Readers dengan tujuan untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan masyarakat Indonesia sejak usia dini.

Pada program Happy Meal Readers ini, McDonald’s telah bermitra dengan Cressida Cowell, penulis buku cerita anak terkenal di dunia yang telah menerbitkan serial buku laris How to Train Your Dragon, untuk meluncurkan seri buku berjudul Treetop Twins Adventures (Petualangan Si Kembar Treetop). Seri buku yang dibuat eksklusif untuk McDonald’s ini akan menampilkan 12 cerita, dengan dua judul buku yang dirilis setiap dua bulan hingga Februari 2020. Khusus untuk pasar Indonesia, buku-buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Buku-buku tersebut bisa didapatkan dengan membeli Paket Happy Meal dari McDonald’s dan dua judul buku pertama dari seri Petualangan Si Kembar Treetop ini, yaitu Si Kembar Bertemu T-Rex dan Si Kembar Menemukan Diplodocus sudah tersedia di semua restoran McDonald’s di Indonesia mulai 12 April 2019. Buku-buku ini menjadi pilihan selain dari mainan Happy Meal yang menyertai setiap pembelian paket Happy Meal.

“Kami berharap program Happy Meal Readers ini akan membantu mengembangkan budaya membaca di Indonesia, selain juga sebagai bentuk komitmen McDonald’s Indonesia untuk mendukung upaya perusahaan dalam menyatukan dan semakin mempererat hubungan keluarga,” ujar Caroline Kurniadjaja, selaku Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.

Lebih dari 400 juta buku telah didistribusikan oleh McDonald’s di seluruh dunia melalui Happy Meal, dimulai dengan Swedia yang menawarkan Happy Meal Book untuk anak-anak pada tahun 2001. Program Happy Meal Readers ini merupakan salah satu cara McDonald's secara global menggunakan skala untuk kebaikan (scale for good) untuk menginspirasi hasrat membaca pada anak di seluruh dunia dan lebih mendekatkan keluarga. Di Indonesia sendiri program Happy Meal Book telah dimulai sejak tahun 2014, ketika McDonald’s Indonesia untuk pertama kalinya memperkenalkan buku sebagai pengganti mainan Happy Meal selama satu bulan.

“Untuk pertama kalinya kami memberikan pilihan antara buku atau mainan untuk pembelian paket Happy Meal. Melalui program Happy Meal Readers ini kami berharap para orang tua tak hanya memberikan kegembiraan kepada anak, tapi juga mempertimbangkan pilihan buku bacaan bermanfaat yang dapat mengedukasi anak pada setiap pembelian paket Happy Meal,” Caroline menambahkan.

Sebagai bentuk dukungan terhadap peluncuran program Happy Meal Readers tersebut, McDonald’s mempersiapkan serangkaian kegiatan berupa Happy Readers Fun Day yang diisi dengan Talkshow & Sharing Session tentang pentingnya menanamkan minat baca pada anak sejak usia dini, storytelling dan berbagai aktivitas menyenangkan yang dilakukan anak bersama orang tua mereka. Rangkaian acara tersebut akan dilakukan di beberapa kota seperti Jakarta (27 April 2019), Surabaya (4 Mei 2019), Bali (11 Mei 2019) serta kota-kota lainnya akan dilakukan setelah Idul Fitri.

“Antusiasme dan kepedulian McDonald’s pada pendidikan anak tertuang dalam sebuah gagasan besar melalui rangkaian kegiatan Happy Meal Readers 2019 ini. Pada rangkaian kegiatan ini, kami ingin mengingatkan peran penting orang tua dalam memberikan pengetahuan akan pentingnya membaca buku pada anak sejak dini dan mempererat hubungan orang tua dan anak dengan mendongengkan sebuah cerita atau membaca bersama anak,” ujar Sutji Lantyka, Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia.

“Melalui program ini McDonald’s Indonesia ingin mendorong keluarga untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama dan mendorong orang tua untuk menikmati waktu berkualitas bersama anak-anak mereka melalui membaca. Kami berharap program ini akan menanamkan kecintaan membaca di antara anak-anak seumur hidup mereka dengan menjadikan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga, ”kata Sutji.

Dalam rangkaian acara tersebut, McDonald’s turut mengundang dua narasumber yang berkompeten dalam dunia anak-anak. Mereka adalah Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., seorang psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia yang akan membagikan fakta menarik tentang manfaat membaca sejak usia dini, serta Gery Puraatmadja, yang sering dipanggil Paman Gery, seorang pedongeng terkenal, yang akan berbagi mengenai manfaat serta tips dan trik mendongeng kepada anak pada acara Happy Readers Fun Day nanti.

“Anak-anak usia dini memiliki memori yang kuat dan sedang berada dalam tahap pembentukan karakter. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membiasakan membaca kepada anak-anak mereka. Dengan membaca, anak-anak akan terstimulasi kreativitasnya. Nantinya hal tersebut juga mempengaruhi kognitif pada anak,” ujar Anna Surti Ariani.

Sementara itu, menurut Paman Gery, “Selain mengembangkan kreativitas, mendongeng mampu mengembangkan daya imajinasi, kosakata anak, serta mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Perkembangan sosial dan emosional anak juga akan menjadi lebih baik apabila orang tua berperan secara langsung dalam pengembangan edukasi anak antara lain melalui mendongengkan kisah-kisah terbaik dari buku cerita.” 

Selain itu, dengan semangat membantu mencerdaskan anak Indonesia melalui membaca, McDonald’s Indonesia juga telah menyiapkan kotak-kotak Happy Meal Readers Book di seluruh gerai McDonald’s di Indonesia. Melalui Happy Meal Readers Book Box ini McDonald’s Indonesia mengajak konsumen untuk secara langsung mendukung perkembangan dunia pendidikan di Indonesia dengan mendonasikan buku-buku anak-anak dan remaja yang masih layak baca. Buku yang dapat didonasikan adalah buku komik untuk anak/remaja, buku cerita anak/remaja serta buku pengetahuan dan ensiklopedia untuk anak/remaja. Kotak-kotak ini akan tersedia di gerai-gerai McDonald’s mulai 20 April 2019 hingga 20 Mei 2019, dan nantinya buku-buku yang terkumpul akan didistribusikan kepada anak-anak Indonesia yang kurang beruntung. Selain mengajak konsumen mendonasikan buku, McDonald’s Indonesia juga menyumbangkan 210.000 buku anak-anak untuk program Happy Meal Book Box.

Pada program Happy Meal Readers Book Box ini, McDonald’s menggandeng Buku Berkaki, sebuah komunitas yang membuka akses jendela informasi dunia melalui buku bagi anak-anak kurang beruntung serta meningkatkan minat baca mereka. Buku Berkaki setiap bulannya memiliki agenda kunjungan ke panti-panti asuhan maupun rumah singgah yang membutuhkan bantuan buku, mengajak membaca bersama, menulis cerita serta mendongeng.

***

Tentang McDonald’s Indonesia

Lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Pada tahun 2009, PT Rekso Nasional Food menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. Di bawah manajemen RNF, McDonald’s Indonesia akan mewujudkan komitmennya untuk melakukan pengembangan restoran ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jumlah restoran sebanyak 200 yang tersebar di seluruh Indonesia hingga saat ini, RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. Untuk informasi tentang McDonald’s Indonesia silakan kunjungi: www.mcdonalds.co.id atau like Facebook McDonald’s Indonesia dan follow Twitter @McDonalds_ID serta Instagram @mcdonaldsid

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

press@id.mcd.com


Press Release Lainnya

Yellow Element Pesan Sekarang