Denpasar, 28 Agustus 2015 – Bank BRI sebagai bank terkemuka di Indonesia turut serta dalam mengkampanyekan dan mewujudkan gerakan less cash society yang dicanangkan oleh Bank Indonesia. Bekerjasama dengan McDonald’s Indonesia, Bank BRI mempersembahkkan layanan pembayaran via e-commerce untuk layanan pesan antar (delivery) online (www.mcdelivery.co.id) milik McDonald’s Indonesia. Kebutuhan masyarakat akan makanan cepat saji dan layanan pesan antar via www.mcdelivery.co.id tersebut merupakan potensi bisnis yang sangat besar untuk terus digarap. Kondisi itu memberi peluang Bagi Bank BRI yang sebelumnya telah bermitra dengan McDonald’s Indonesia dalam hal pembayaran menggunakan kartu di seluruh outlet McDonald’s Indonesia untuk memperluas kerjasama kedua pihak ke ranah e-commerce.
Didukung oleh Kartuku yang bertindak sebagai payment gateway pada kerjasama ini, kini pelanggan dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit untuk pemesanan menu makanan dan minuman McDonald’s via www.mcdelivery.co.id. Selain itu, untuk lebih meningkatkan awareness masyarakat terhadap gerakan cashless, khususnya bagi pengguna Kartu Kredit BRI, pelanggan dapat menikmati promo diskon 40% jika menggunakan Kartu Kredit BRI untuk pembayaran pemesanan menu makanan dan minuman McDonald’s via www.mcdelivery.co.id.
Sebelumnya, Bank BRI dan McDonald’s Indonesia juga telah bekerjasama untuk program diskon apabila bertransaksi menggunakan Kartu BRI di seluruh outlet McDonald’s Indonesia. “Program diskon bagi pemegang Kartu BRI ini merupakan bentuk dukungan terhadap gerakan less cash society dan loyaltyprogram kepada nasabah Bank BRI yang bertujuan untuk meningkatkan sales volume transaksi dan juga sales volume penjualan di McDonald’s Indonesia” ujar Budi Satria, Corporate Secretary BRI.
Menurut Budi, saat ini Bank BRI berencana untuk terus meningkatkan sales volume transaksi Kartu BRI baik pemesanan online maupun pemesanan di outlet McDonald’s Indonesia dengan program promo yang berlaku sampai dengan tanggal 30 September 2015.
“Program promo yang ditawarkan adalah diskon sebesar 40% bagi pemegang Kartu Kredit BRI yang melakukan pemesanan online via www.mcdelivery.co.id dengan minimum pembelian Rp. 100 Ribu. Sedangkan program promo lainnya yaitu berupa discount sebesar 20% bagi pemegang Kartu Kredit BRI dan sebesar 10% bagi pemegang Kartu Debit BRI apabila melakukan transaksi di outlet McDonald’s seluruh Indonesia” papar Budi.
Jumlah pemegang Kartu Kredit dan Kartu Debit BRI per bulan Juli 2015 sebanyak 38 juta nasabah.
“McDonald’s selalu mengutamakan kenyamanan bagi pelanggan, dan memberikan opsi pembayaran dengan kartu adalah salah satu bentuk kepedulian tersebut. Kami juga percaya akan teknologi dan sistem cashless yang kami terapkan telah terintegrasi dari front hingga back office sehingga hal-hal yang bersifat manual sudah diminimalisir” papar Yanti Lawidjaja, Finance & IT Director McDonald’s Indonesia.
“Pemesanan online via www.mcdelivery.co.id adalah salah satu bentuk layanan pesan antar untuk pelanggan McDonald’s selain melalui 14045. Melalui www.mcdelivery.co.id, pelanggan bisa menyimpan hingga 5 alamat pengiriman, hal ini tentu saja memudahkan proses pemesanan. Kerjasama dengan BRI dan Kartuku untuk pembayaran menggunakan kartu kredit melalui www.mcdelivery.co.id yang sudah kami sediakan sejak September 2014 ini dapat menjadi solusi bagi pelanggan yang ingin mengirimkan makanan ke rumah atau ke tempat lain saat di jalan atau di tempat kerja dan tidak perlu repot menyiapkan uang tunai” tambah Yanti.
Dengan kerjasama ini, Kartuku berharap dapat mengubah cara orang bertransaksi dan menjalankan usaha, dari tunai (peredaran uang secara fisik) menjadi non-tunai. “Sebagai penyedia teknologi pembayaran terintegrasi yang terdepan bagi dunia usaha, Kartuku merancang inisiatif program cashless multi-channel di McDonald’s. Kartuku telah memberikan inovasi non tunai berupa EDC yang bisa digunakan baik kartu debit maupun kartu kredit, juga benefit cards untuk karyawan, digital gift cards, e-commerce, manajemen promo server, yang memungkinkan transaksi cashless melalui saluran yang berbeda yang memudahkan transaksi McDonald’s secara efisien dengan pelanggannya dan mendukung perubahan gaya hidup menuju masyarakat non-tunai”, ujar Adrian Anwar, Chief Commercial Officer, Kartuku.