McDonald’s dan RMHC Rayakan 40 Tahun Dukungan Mereka Terhadap Anak-anak dan Keluarga

Jakarta, 15 Oktober 2014 – McDonald’s dan Ronald McDonald House Charities (RMHC) Global hari ini merayakan 40 tahun dedikasi mereka untuk kesehatan, kesejahteraan dan kegembiraan anak-anak. Perayaan 40 tahun berdirinya RMHC Global ini ditandai dengan berbagai program bertema utama “Stripes” di negara-negara di mana RMHC berada, termasuk di Indonesia, yang memulai perayaan tersebut dengan menggelar kampanye “Stripes for Love” sejak 12 September 2014 lalu.

 

Selain itu, secara global, sebuah kampanye media sosial  diluncurkan pada 8 Oktober 2014 lalu. Kampanye media sosial ini mengajak masyarakat untuk menunjukkan dukungan mereka kepada RMHC dengan berbagi foto serta cerita yang berkaitan dengan RMHC dengan menggunakan hashtag #forRMHC untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang misi dari aktivitas sosial RMHC.

 

Selain menggelar kampanye “Stripes for Love” yang masih berlangsung hingga 31 Oktober 2014 mendatang, sebagai bentuk dukungan terhadap RMHC, McDonald’s pada hari ini juga mengadakan program McHappy Day. Khusus hari ini, untuk setiap pembelian Strawberry Sundae, McDonald’s akan menyumbangkan Rp 1000 kepada Yayasan RMHC Indonesia.

 

“Bagi kami, setiap sen donasi akan sangat berarti dan memberikan dampak yang signifikan bagi  kehidupan anak-anak penderita sakit dan keluarga mereka yang tengah melalui masa-masa sulit,“ ujar Caroline Djajadiningrat, Ketua Yayasan RMHC Indonesia. “Kenyataannya, tahun lalu saja, secara global konsumen McDonald’s telah mendonasikan lebih dari 50juta USD melalui Box Donasi RMHC yang ada di restoran-restoran McDonald’s di seluruh dunia. Donasi itu akan membantu RMHC melaksanakan program-program untuk kesejahteraan dan kesehatan anak-anak. Dan tahun ini, jika setiap konsumen McDonald’s menyumbang Rp 1 saja ke Box Donasi RMHC setiap kali mereka berkunjung ke McDonald’s, program ini dapat mengumpulkan lebih dari 250 juta USD untuk mendukung anak-anak dan keluarga mereka secara global.”

 

Kemitraan McDonald’s dengan RMHC dimulai pada tahun 1974 dengan seorang anak bernama Kim Hill yang ketika itu tengah berjuang melawan leukemia. Perjuangan keluarga Hill untuk tetap dapat berdekatan dengan anak mereka yang tengah menjalani pengobatan menginspirasi seorang dokter, sebuah tim sepakbola professional, sebuah komunitas dan McDonald’s  untuk membangun Ronald McDonald House pertama di dunia, berlokasi di Philadelphia, Amerika Serikat. Peristiwa inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya RMHC Global.

 

RMHC, dengan dukungan McDonald’s serta donatur individu dan perusahaan lain, menawarkan berbagai program dan memberikan pelayanan kepada sekitar 9 juta anak-anak dan keluarga mereka di 62 negara di seluruh dunia setiap tahunnya. Setiap hari, 20.000 keluarga mendapat manfaat dari program-program RMHC yang berpusat pada keluarga, seperti Ronald McDonald House dan Ronald McDonald Family Room, yang secara kolektif menghemat biaya  lebih dari 649juta USD untuk makanan dan penginapan mereka setiap tahun.

 

Dari penjualan T-Shirt “Stripes for Love” dan Love Bear dalam kampanye “Stripes for Love” yang didukung sepenuhnya oleh McDonald’s terkumpul sejumlah Rp 778.636.400 yang seluruhnya didonasikan kepada Yayasan RMHC Indonesia.

 

“Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada seluruh konsumen McDonald’s yang telah membeli T-Shirt “Stripes for Love” dan Love Bear. Donasi ini sangat berarti kami, terutama saat ini kami tengah mewujudkan mimpi untuk membangun Ronald McDonald House pertama di Indonesia,” ujar Caroline lagi.

 

Sebagai salah satu bentuk terima kasih, setiap konsumen yang datang ke restoran McDonald’s mana pun dengan menggunakan T-Shirt ini pada hari ini akan mendapatkan Strawberry Sundae gratis dengan pembelian Paket Hemat yang mana saja

 

Setiap donasi yang diberikan kepada RMHC akan membantu mendanai program-program yang memberikan stabilitas dan sumber daya bagi anak-anak dan keluarga mereka ketika mereka membutuhkannya. Semua program RMHC dioperasikan dan didukung untuk menyediakan akses kepada perawatan kesehatan yang berkualitas dan memberikan anak-anak serta keluarga mereka waktu yang dibutuhkan bersama untuk sembuh dengan lebih baik.

 

 

--- selesai ---

 

Sekilas tentang PT Rekso Nasional Food

PT Rekso Nasional Food (RNF) adalah anak perusahaan dari Rekso Group. Pada tahun 2009, PT  Rekso Nasional Food telah menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Rekso Nasional Food adalah McDonald’s Indonesia. Di bawah manajemen PT Rekso Nasional Food berencana untuk membuka sejumlah restoran baru dalam kurun waktu lima tahun. RNF berharap McDonald’s Indonesia dapat menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia.

 

 

Sekilas tentang Yayasan Ronald McDonald House Charities

Yayasan Ronald McDonald’s House Charities (YRMHC) adalah lembaga nirlaba yang didirikan pada tanggal 14 Februari 2011 dan memiliki manajemen terpisah (independen) dari McDonald’s Indonesia. Yayasan ini menaruh perhatian pada masalah kesehatan dan perbaikan kualitas hidup anak Indonesia.

 

Tujuan utama YRMHC adalah memberikan akses kepada generasi penerus bangsa untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup mereka. Secara keseluruhan, program-program yang diimplementasikan YRMHC merupakan program inti dari RMHC Global.

 

Program-program tersebut adalah Ronald McDonald Care Mobile, dalam periode 3 hingga 5 tahun ke depan, difokuskan kepada pemberian bantuan imunisasi dan program-program lain yang berkaitan dengan kesehatan anak-anak. Ronald McDonald Family Room berlokasi di Departemen Radioterapi RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta , adalah ruang yang nyaman bagi para orang tua dan pasien anak-anak dalam menjalani perawatannya. Ruangan ini memiliki tempat baca, pojok bermain, area wi-fi, serta adanya aktivitas aneka kreasi  rutin bersama koordinator sehingga diharapkan dapat membantu proses penyembuhan  mereka. Ronald McDonald House, yaitu rumah singgah sementara bagi keluarga pasien anak penyakit kritis yang yang sedang menjalani pengobatan di rumah sakit. Di rumah singgah ini, mereka dapat tinggal hampir secara cuma-cuma. Tujuannya agar keluarga dapat terus bersama-sama dan para orang tua pasien anak dapat lebih fokus pada pengobatan putra atau putri mereka. Ronald McDonald House saat ini sedang dalam tahap pembangunan, dan diharapkan dapat mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun 2014. 

Press Release Lainnya

McDonald’s 25 Tahun Melayani Masyarakat Indonesia

Jakarta, 10 Februari 2016 – McDonald’s Indonesia merayakan 25 tahun kehadirannya di Indonesia pada tanggal 14 Februari 2016 mendatang.

Read More

McDonald’s Adakan Kampanye Champions of Play Untuk Ketiga kalinya

Kampanye Champions of Play digelar McDonald’s untuk mengajak anak aktif bermain di Luar

Read More

McDonald’s Kembali Luncurkan Buku Edukasi untuk Happy Meal

Setelah meluncurkan buku edukasi untuk Happy Meal yang pertama tahun 2014 lalu, tahun ini McDonald’s kembali meluncurkan buku edukasi Happy Meal Books

Read More